IKAT Aceh Selenggarakan Seminar Internasional dan Lantik Pengurus

Thursday, October 26, 2017

IKAT Aceh Selenggarakan Seminar Internasional dan Lantik Pengurus


Ahad, 27 Maret 2016, Ikatan Alumni Al-Azhar Internsional (IAAI) Indonesia mendaratkan kakinya di kota Banda Aceh. Kehadiran IAAI Indonesia yang dinahkodai oleh Dr. Muchlis M. Hanafi, sekretaris jenderal, dan bersamanya Dr. Ibrahim Luthfy al-Said, Ulama senior Al-Azhar ini guna mengikuti serangkaian kegiatan yang diadakan oleh Ikatan Alumni Timur Timur Tengah (IKAT) Aceh.

Kegiatan yang dihelat di Aula Mahkamah Syariah Banda Aceh ini didahului dengan pelantikan pengurus IKAT Aceh. Pelantikan sendiri dilakukan oleh Sekjen IAAI Indonesia, Dr. Muchlis M. Hanafi mengingat IKAT Aceh sendiri merupakan representasi resmi IAAI Indonesia kantor Aceh. Kepengurusan IKAT Aceh yang dinahkodai oleh Fadhil Rahmi, Lc., ini berdasarkan SK IAAI Indonesia akan mengemban amanah hingga tahun 2016.

Dalam sambutannya, Dr. Muchlis mengemukakan bahwa IKAT Aceh sebetulnya lebih luas cakupannya dari IAAI. IAAI merupakan wadah bagi Alumni Al-Azhar, sementara IKAT wadah bagi seluruh alumni Timur Tengah dari berbagai universitas. Beliau berharap eksistensi IKAT Aceh menjadi sarana memperjuangkan syariat Islam yang wasathiyah guna menyelamatkan masa depan umat.

Melengkapai helatan akbar IKAT Aceh tersebut, acara dilanjutkan dengan Seminar Internasional bertajuk “Telaah Kritis Qanun Jinayat; Studi Komparatif dan Efektifitas Penerapan”. Dihadirkan sebagai pembicara yaitu; Syaikh Ibrahim Luthfi al-Said, ketua IAAI Port Said Mesir, Dato’ Abu Backer Sidek dari Malaysia, Dr. Syukri Yusuf, Dinas Syariat Islam Aceh, dan juga oleh Illiza Sa’duddin Djamal, Walikota Banda Aceh. (Mas Zam)

0 comments :

Post a Comment